Dari Keprajuritan sampai ke Chanakya

Sejak terpilihnya sebagai rektor baru UPN Jakarta pada 1 Februari lalu, Koesnadi Kardi praktis akan menyibukkan harinya di kampus hijau ini. Pria yang memulai karirnya di dunia militer ini telah banyak memiliki pengalaman dalam bidang pertahanan Indonesia khususnya pada pertahanan udara. Setelah menyelesaikan sekolah militernya di Akabri pada 1973, pria yang juga pernah menjadi caleg DPRI Lampung ini langsung melanjutkan pendidikannya  di Amerika dan mendapat gelar terakhirnya, Royal College of Defense Studies (RCDS) di Inggris. RCDS adalah bagian dari Akademi Pertahanan Inggris yang mempersiapkan pejabat-pejabat pemerintah atau pejabat senior militer dari Inggris dan negara lain untuk menjabat di organisasi-organisasi terhormat di negara mereka (AntaraNews). Tidak berhenti di RCDS, pria yang lahir di Tanjung Karang 1951 silam ini melanjutkan pendidikan untuk program Doktornya di FISIP Universitas Indonesia bidang sosiologi. Bidang yang diambilnya saat ini diakui Koesnadi sama sekali sesuatu yang baru baginya, Ia memilih bidang sosiologi berkat saran dari salah seorang temannya di UI.

Pria yang hobi menulis ini juga telah menelurkan sebuah buku berjudul Quantum Leadership” bersama Managing Partner The Jakarta Consulting Group, A.B Susanto pada 2003 lalu. Perbedaan yang ada pada Koesnadi dan AB, membuat Quantum Leadership menjadi satu-satunya buku yang menyodorkan konsep kepemimpinan bisnis dan militer yang diharapkan dapat menjadi jembatan yang efektif bagi para pemimpin bisnis dan militer. Namun, sayang peluncuran buku ini mendapat komentar “dingin” dari para anak didiknya. Akibat komentar “dingin” para anak didiknya tersebut, Ia justru bergairah untuk membangun sebuah usaha. Usaha rumah makan seluas 8500 meter yang digelutinya seorang diri menjadi pembuktian berbagai teori di bukunya.

Sebelum memutuskan untuk pensiun dari Kementerian Pertahanan Republik Indonesia pada 2007, Koesnadi biasa ia disapa sempat menjabat sebagai Kepala Bagian Pendidikan dan Pelatihan, Pakar Pertahanan dan juga Wakil Komandan Sesko dengan pangkat Marsekal Muda TNI. Pengalaman dalam bidang militernya banyak Ia sampaikan selain kepada anak didiknya juga dalam berbagai kesempatan seperti seminar dan pelatihan. Sejak mengajar di Program Pasca Sarjana UPN  Jakarta yang ada di kampus Pondok Labu dan Gambir, pria bekacamata ini terobsesi untuk lebih memajukan UPN Jakarta.  Jalur “Three in One” akan menjadi langkah awal dalam kepemimpinannya di kampus kejuangan ini. Menumbuhkan kepedulian terhadap wawasan kebangsaan, menciptakan jiwa-jiwa entrepreneur dan pemimpin-pemimpin masa depan menjadi rencana yang dijalankan Koesnadi dalam waktu dekat ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s