“Hey, Look at Them, They have all Package !!”

Ariel….

Ariel apa selanjutnya saya lupa.. Cuma yang pasti pertama saya masuk ke balairung UI bola mata saya sudah memandang lurus ke bocah SMP Negeri dari Jawa Timur tersebut.. Tanpa banyak basa-basi, saya berusaha untuk mulai percakapan dengan sosok nya yang kalau di bayangkan bakal menjadi madu yang . dihinggapi banyak lebah… nantinyaa ..

Oke, Ariel merupakan salah satu siswa menengah pertama yang ikut serta dalam Indonesian Science Project Olympiade (ISPO) yang diadakan oleh Indonesian-Turki Boarding School bekerja sama dengan Universitas Indoesia yang berlangsung selama tiga hari, dimulai pada 23-25 Februari 2011 ini..

Sebenarnya saya juga tidak cukup paham akan project yang dibuatnya.. Namun, rasa polos yang menjurus tolol saya ini mencoba untuk berpikir bahwa penemuan apapun yang diciptakan Ariel adalah suatu yang sangat baru dan sudah pasti akan membawa banyak manfaat untuk banyak orang..

Intinya, penemuan Ariel berkaitan dengan pemanfaatan biji buah laksar dan sejenis hama >> serius saya benar-benar lupa apa nama penelitian lengkap Ariel.. Mungkin karena terlalu focus melihat mimic muka bocah tersebut saat menjelaskan ..tapi dari sini,mulai sadar betapa ‘pintarnya’ saya ini .. oh, terima kasih yaa Raab..

Berlanjut ke stand berikutnya, kejeniusan saya makin menjadi-jadi ..WAW .. ini Indonesiaku yang ternyata banyak menyimpan harta karun berkilauan tanpa tereksploitasi dan juga terdeteksi.. Menyelusuri lantai dasar balairung yang dipenuhi dengan hal-hal sederhana yang sering kita lihat, mulai dari kulit pisang, ikan-ikan kecil, kulit salak, nyamuk, kulit kering kepala udang, sampai kecoa pun ikut memeriahkan pesta ide ini, mulut saya tidak berhenti melontarkan pertanyaan kepada bocah ‘sotoy’ Indonesia ..

Apllikasi komputer yang dapat mendeteksi penyakit dan dibuat dalam waktu 5 hari, bunga beracun yang dimanfaatkan untuk membunuh makhluk kecil bertubuh coklat dan mempunyai kuping setipis rambut dan panjang.. Selang air yang mampu menahan borosnya air saat kita lupa mematikan keran air.. Bantal bergetar yang digunakan sebagai alarm..sampai kulit pisang yang dapat membersihkan sepatu..

Semua (meskipun ide diatas belum semuanya saya sebutkan) ide ‘sotoy’ yang ada dalam ruangan yang mampu menampung hingga 10ribu orang ini berasal dari hal sederhana di sekitar mereka.. Sebuah projek dari bocah asal ………..serius saya kembali terlalu focus sehingga tidak ingat asal mana dua bocah yang mirip rapper ini..

Salah satu dari mereka mengatakan bahwa ide membuat pintu yang dapat dikendalikan secara otomatis melalui computer ini timbul ketika ia diajak oleh ayahnya mengunjungi pabrik pengolahan kelapa sawit tempat ayahnya bekerja..

Saat itu ia melihat sebuah pintu besar dan saat itu juga ayahnya berusaha membuka pintu itu dengan sedikit dorongan yang membuat dahinya cukup berkerut.. Dari kondisi inilah bocah yang memiliki bibir cukup sensual ini menemukan ide sederhananya untuk menciptakan pintu yang dapat dibuka dan ditutup secara otomatis agar tidak banyak membuang tenaga untuk membuka dan menutupnya kembali.. Dan dalam system yang diatur dalam computer ini mampu mengendalikan hingga kurang labih 255 pintu .. >> kalau sebanyak ini memang tenaga sangat dibutuhkan.. untungnya mereka mampu mencegah tenaga itu keluar terlalu banyak..

Oke, sedikit cerita yang dapat saya ceritakan dari hasil saya membandingkan kejeniusan saya dengan bocah ‘sotoy’ disana.. dan saya rasa, saya hanya kurang sotoy dari mereka.. sehingga kejeniusan saya agak mandek dan mampet .. that’s it ..

What’s the biggest thing that we’ll achieve, that’s all always so closed around us .. beside us behind us and even in front of us .. we just need to see them not searching them..

Leave a Reply

