It’s not me

In the name of Truth, ini kejadian yang membuat gue berpikir bahwa ga semua perbuatan baik itu dapat di terima baik juga oleh kebaikan. Kejadian ini sama sekali ga pantes untuk di humbar-humbar gini, tapi serius ini cuma prolog aja. Ketika gue lagi di dalam bis 49, di pertengahan jalan ada satu nenek naik dan langsung berdiri tepat samping gue sambil nunjukin giginya yang udah ga rapih lagi.  *Senyum! bilang aja gitu sih.

Eh, sebelum gue lanjut. Menurut lu sebagai a human, apa yang bakal lu lakuin kalau ngeliat nenek samping lu berdiri dan lu duduk-duduk santai. Pantes gitu ? Udah deh,  gue ga perlu jawaban!

gue ambil inisiatif untuk bangun dan ngasih tempat duduk gue untuk satu nenek ini. Sempet berdiri sebentar, dan dapet duduk lagi tepat di belakang dari posisi gue berdiri. Serius deh, gue ga mikir bakal dapet imbalan apapun dari nenek ini.

Tapi, ada satu momen yang tanpa gue sadari,  bahwa di otak kita ini ada sesuatu yang mengharapkan untuk membuat pencitraan dari tindakan yang harusnya Truly baik ini.  Dan, akibatnya Kebaikan ini batal untuk memilih gue sebagai orang yang pantes untuk berbuat baik. Balesannya, gue turun di halte UNJ. Enggak tau kenapa bisa kelewatan gini. Jalan lawan arah menuju lampu merah. Sekitar 200an meter jaraknya. It’s Oke.

Membantu dan menolong orang lain itu sesuatu yang baik. Itu pasti.

Tapi, kebaikan itu menurut gue punya standard sendiri untuk menentukan siapa yang pantes berbuat baik dan siapa yang belum pantes.  Pernah kepikiran ga sih kalau all the thing in the World adalah sesuatu yang hidup, layaknya manusia juga.

Punya rasa, punya hati dan punya telinga. Enggak enggak, bukan itu maksudnya.

Maksud gue dari ‘Sesuatu yang Hidup’  itu adalah iya sih emang itu; punya rasa, hati dan telinga. Mereka (Kebaikan) bukan sekedar menerima siapapun yang berbuat baik. Just Call Them Electors Nice Persons.

Leave a Reply

