My condolences

Aku turut berduka untuk tragedi kecelakaan Kereta Api dengan Mobil yang membawa tabung gas elpiji. Hari ini, Senin 9-12-2013 di jalur Tanah Abang-Serpong. Semoga semua yang Berpulang, dapat dengan tenang pergi ke sisi-Nya. Amin

Aku termasuk pengguna setia transportasi massal yang satu ini, Commuterline. Aku biasa naik commuterline jalur Bogor-Jakarta Kota atau Depok-Jakarta Kota. Yang aku rasakan dari sistem PT. KAI saat ini dibandingkan dengan beberapa tahun lalu adalah saat ini mereka mampu membuatnya lebih baik, jauh lebih baik dari sistem beberapa tahun lalu. Sehingga membuat banyak orang memilih untuk menggunakan transportasi publik yang satu ini. Cepat dan (lebih) aman dari sebelum2nya. Meskipun banyak tapi tapi nya. Tapi yasudah. Kami menerima.

Tidak terlalu sering memang untuk sekarang2 ini, kasus kecelakaan yang terjadi antara kereta dengan mobil atau motor, namun beberapa kali, itu masih terjadi. Aku tidak tau persis apakah kecelakaan seperti ini biasanya memakan korban meninggal atau tidak. Karena tidak ada pengumuman resmi dari PT. KAI maupun dari media-media yang ada seperti hari ini. Aku tidak mengerti, apakah ini hal yang biasa terjadi sehingga tidak perlu di beritakan bagaimana detailnya kepada publik atau memang kita semua memaklumi itu. Aku juga tidak mau tau.

Namun, hari ini menurutku banyak dari kita cukup merasakan duka yang mendalam atas tragedi kecelakaan kereta api seperti ini. Bagi kebanyakan orang, menurutku, kecelakaan kereta api yang sampai memakan korban tewas atau kehebohan yang terjadi karenanya tentunya memang akan banyak memakan perhatian publik, menimbulkan trauma dan kenangan kelam akan tragedi bintaro beberapa puluh tahun silam, mungkin. Atau pun mengingatkan kita kembali sebenarnya sudah berapa sering kecelakaan2 lainnya yang pernah terjadi, seperti antara kereta dengan orang, motor, mobil atau apupun.

Meskipun memang, sedikit kemungkinan tragedi bintaro itu terulang kembali pada masa sekarang. Namun, tidak ada satupun yang bisa menjamin keselamatan kita saat kita menggunakan transportasi umum. Aku pun mencoba berserah.

-@A&W Stasiun Kota-

Leave a Reply

