TOUS LES JOURS

Jika bisa berbicara mengenai hal yang paling aku inginkan, aku akan mengatakan bahwa aku hanya ingin melakukan apa yang diri ku ingin lakukan. Seperti apanya, aku sendiri pun sulit mengutarakan maksud yang ingin aku sampaikan. Karena sebenarnya apa yang aku inginkan itu berbeda-beda, sesuai dengan situasi dan kondisi di saat diriku berada. Misalnya yang paling sering aku lakukan dan aku sangat excited melakukannya adalah, menyanyi dan berjoged di depan kaca. Contoh itu sih yang paling mudah aku tunjukkan.

Aku bukan orang yang mudah untuk mampu mengutarakan apa yang sedang ada dipikiranku kepada orang lain dengan baik. Aku tidak mengerti bagaimana cara kerja otak, yang jelas mereka membuat ku suka terbatah-batah dalam usaha ku menyampaikan isi kepala ku kepada lawan bicara ku. Namun aku terus berusaha memperbaiki cara ku menyampaikan maksud dan pikiran ku kepada orang lain. Menurut ku, salah satu yang menjadi kendala dalam hal berbicara, aku terlalu banyak berpikir dan banyak pertimbangan yang justru malah membuat orang lain salah menanggap maksud yang sebenarnya ingin aku sampaikan. Beberapa orang (mungkin) akan menganggap aku orang yang kurang percaya diri dan penakut. Entahlah, karena jika aku membayangkan ada orang seperti ku berbicara kepada ku, aku pun memang akan berpikir seperti itu. “Ini orang ambigu banget!”Iya, seperti itu lah yang aku pikirkan untuk orang seperti ku.

Aku orang yang tidak paham bagaimana bisa membuat orang lain nyaman saat bersama ku, tapi selama aku bersama mereka aku terus memikirkan bagaimana caranya. Dan disaat itulah usaha ku akan terlihat oleh mereka, dan sebenarnya itu malah terkesan di buat-buat dan sepertinya mereka yang bersama ku mulai tidak nyaman dengan hal tersebut. Aku sangat menyukai hal-hal yang alami. Maksud ku layaknya seorang manusia, kita membuat kesalahan, kita suka malu-malu, kita suka sok tau, kita caper, dan hal-hal yang tentunya kita semua tau bahwa manusia di bumi ini pun juga melakukan hal yang sama seperti yang kita lakukan. Toh semua itu pada akhirnya sering membuat kita tertawa lucu mengingat kelakuan yang telah kita lakukan tadi.

Kadar saat aku lebih menikmati waktu ku saat sendiri dengan waktu di saat aku berkumpul secara berkelompok, menurut ku memiliki presentase yang hampir sama. Namun aku belum tahu yang mana yang memiliki presentase lebih besar, sedikit dari yang satunya. Aku menikmati waktu ku saat sendiri karena di saat itu aku bisa lebih konsentrasi untuk hal-hal apa yang sebenarnya ingin aku lakukan. Secara maraton otak ku terus menggali diri ku hingga aku pun tak tau di mana sebenarnya aku berada sekarang ini. Mereka mengambil alih semuanya tentang diri ku dan hidup ku (yang masih dalam) ilusi.

Dan saat sedang berkumpul berkelompok bersama teman sepermainan, aku merasakan kegembiraan yang membuat ku juga lupa. Aku pun tidak tau apa yang aku lupakan. Aku memang suka begini. Sebenarnya dalam setiap perilaku dan tindakan ku, aku hanya ingin baik kepada orang lain. Sama halnya seperti yang orang lain lakukan terhadap sesama nya. Itu saja sebenarnya sudah cukup. Ya, karena memang (harusnya) se simpel itu lah kita menjalani hidup. “If you positive person, you’ll get a positive results”. Kurang lebih sih kaya gitu.

Tapi kehidupan dan hidup itu sangat tidak memiliki arti yang sama sekali sama. Atau bisa dibilang sama dengan tidak sama sekali memiliki arti sama. Atau lebih singkatnya, sama tidak sama sekali sama. Entahlah. Itu lah jalan pikiranku, mencari kemelut.

Ketika aku sok tau, aku akan diam. Ketika aku malu-malu, aku akan tertawa terbahak. Ketika aku caper, aku akan serius. Dan ketika aku sadar, aku sedang pura-pura, aku akan menulis.

Aku ini orang yang tidak memiliki keahlian apapun layaknya orang yang mampu menguasai berbagai macam bahasa, jago bikin puisi, menerbangkan pesawat, atau juga layaknya seorang dokter, pengacara, programmer, enginer, ataupun dalang. Karena itu, aku hanya ingin berusaha mencoba bagaimana rasanya menjadi salah satu dari mereka.

Sepertinya cukup dulu sampai disini, Bule di sebelah ku sudah pulang duluan. Aku juga mau pulang, karena dia lah motivasi ku hari ini untuk menulis.

Leave a Reply

